Apa Itu Skema One Way dan GaGe Mudik Lebaran 2022?

Jumat, 29 April 2022 | Safecare Admin





Dalam mudik Lebaran tahun 2022, ada dua istilah yang sering muncul yaitu one way dan GaGe (Ganjil Genap). Keduanya merupakan skema rekayasa lalu lintas yang diterapkan oleh Korps Lalu Lintas (Korlantas) POLRI. Beberapa spot yang kerap terjadi penumpukan kendaraan, diberlakukan skema tersebut. Namun sebenarnya, apa itu skema one way dan GaGe yang diterapkan pada mudik Lebaran tahun 2022 ini? Yuk, cari tahu selengkapnya dalam ulasan berikut!

Skema one way

One way dalam bahasa Inggris berarti satu arah. Itu artinya, pada skema one way, jalanan hanya dibuka untuk kendaraan dari satu arah. Skema ini diterapkan oleh Korlantas untuk memecahkan kepadatan arus lalu lintas selama mudik Lebaran 2022. One way mulai berlaku selama libur Lebaran, tepatnya dari tanggal 28 April-6 Mei 2022.

Untuk mudik Lebaran 2022, skema one way berlaku di tol Jakarta-Cikampek hingga Gerbang Tol Kalikangkung (Semarang, KM 414) untuk arus mudik. Sementara untuk arus balik, skema berlaku mulai dari Gerbang Tol Kalikangkung hingga Gerbang Tol Halim (Jakarta Timur, KM 3). Untuk waktu penerapannya sendiri sangat bervariasi, pengguna jalan tol harus mengikuti himbauan dari Korlantas agar tidak salah memilih jalan saat mudik

Skema ganjil genap (GaGe)  

Selain skema one way, pada mudik Lebaran 2022 juga berlaku skema GaGe atau ganjil genap. Nah, skema yang satu ini juga harus diperhatikan baik-baik agar kamu tidak salah mengambil jalan. Pada aturan ini, jalan hanya dibuka untuk kendaraan dengan pelat nomor polisi tertentu.

Pada tahun 2022 ini, saat tanggal ganjil maka yang diperbolehkan melintas adalah kendaraan dengan pelat nomor dengan nomor ganjil. Begitu pula saat tanggal genap, hanya mobil berpelat genap yang boleh lewat. Misalnya, pada tanggal 28 April 2022, hanya mobil dengan akhiran nomor 0,2,4,6, dan 8 diperbolehkan melintas di jalan tersebut.

Aturan mudik Lebaran 2022 lainnya

Korlantas juga menerapkan beberapa aturan lainnya seperti contraflow. Pada aturan contraflow ini, arus kendaraan normal pada suatu jalan akan diubah.

Misalnya pada Jalan A biasanya menerima arus kendaraan dari arah barat ke timur. Namun saat contraflow berlaku arus kendaraan berubah menjadi timur ke barat. Biasanya aturan ini menyesuaikan kondisi jalan. Ketika arus balik, otomatis volume akan meningkat dari arah Jawa Tengah. Untuk memecah kepadatan tersebut maka sebagian lajur tol dari arah Jakarta diberlakukan skema contraflow. Jadi kendaraan dari arah Jawa Tengah bisa menggunakan lajur tersebut.

Tips mudik aman dan nyaman

Agar perjalanan mudik Lebaran tetap aman dan nyaman lakukan pengecekan pada kondisi kendaraan yang akan digunakan. Pastikan ban mobil dalam kondisi baik dan mesin tidak mengalami gangguan. Akan lebih baik lagi kalau kamu melakukan service kendaraan sebelum mudik.

Untuk kamu yang mudik bersama bayi dan anak-anak, pastikan semua perlengkapannya tersedia. Jangan lupa juga untuk membawa Gading Minyak Telon Plus. Rasa hangat yang diberikan akan memberikan rasa nyaman pada bayi dan anak-anak. Selain itu, minyak telon ini juga mengandung minyak lavender yang mencegah gigitan nyamuk!

Nah itu dia penjelasan mengenai skema one day dan juga GaGe yang berlaku pada mudik Lebaran 2022. Agar mudik tetap aman dan nyaman, lakukan persiapan menyeluruh ya. Mulai dari memeriksa mesin kendaraan, menyiapkan berbagai perlengkapan, dan jangan lupa berdoa saat akan meninggalkan rumah. Sediakan juga Gading Minyak Telon Plus untuk memberikan kenyamanan pada bayi dan anak-anak yang ikut dalam perjalanan mudik. Hati-hati di jalan!

 

Photo by Freepik

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar