Ketahui Manfaat Green Tea atau Teh Hijau Sebagai Minyak Esensial

Sabtu, 23 September 2023 | Safecare Admin



manfaat-essential-oil-green-tea

Teh hijau telah menjadi minuman populer di seluruh dunia, bukan hanya sekadar bahan minuman yang menyegarkan, tetapi juga memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan kita. Selama berabad-abad, teh hijau banyak digunakan sebagai salah satu obat herbal karena manfaatnya yang melimpah, mulai dari meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga membantu tubuh agar terhindar dari penyakit yang menyerang bagian dalam. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beragam manfaat luar biasa yang dapat diperoleh dari konsumsi teh hijau, dan bagaimana penggunaan rutinnya dapat berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan.

 

1. Meningkatkan Mood 

Teh hijau mengandung senyawa aktif seperti epigallocatechin gallate (EGCG) dan L-theanine. Dilansir situs Healthline, EGCG telah dikaitkan dengan peningkatan mood dan perasaan positif. Studi pada hewan dan manusia menunjukkan bahwa EGCG dapat memiliki efek antidepresi dan meningkatkan fungsi neurotransmitter dalam otak.

Ekstrak teh hijau juga mengandung antioksidan kuat yang dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif. Beberapa penelitian menunjukkan adanya  hubungan positif antara konsumsi teh hijau dan peningkatan kesehatan otak. Dengan melindungi kesehatan otak, ekstrak teh hijau dapat berkontribusi pada mood yang lebih baik.

 

2. Tingkat Antioksidan Yang Sangat Tinggi

Salah satu jenis antioksidan utama yang ditemukan dalam teh hijau adalah katekin. Katekin adalah kelompok senyawa polifenol yang terkenal karena aktivitas antioksidannya yang kuat. Katekin yang paling dominan dalam teh hijau adalah epigallokatekin gallate (EGCG), yang dikenal memiliki dampak positif pada kesehatan manusia.

Sebuah cangkir teh hijau yang diseduh biasanya mengandung sekitar 30-40 miligram EGCG, meskipun jumlah ini dapat bervariasi tergantung pada sejumlah faktor. Salah satunya adalah jenis teh hijau yang digunakan. Misalnya, teh hijau yang berasal dari tanaman Camellia sinensis memiliki kandungan EGCG yang tinggi, sementara jenis teh hijau lainnya mungkin memiliki kadar yang lebih rendah.

Selain EGCG, teh hijau juga mengandung berbagai katekin lainnya seperti epikatekin, epikatekin gallat, dan proantosianidin. Katekin-katekin ini juga memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat dalam melawan radikal bebas dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oksidatif.

 

3. Membantu Meredakan Peradangan Pada Kulit

Kandungan EGCG dalam teh hijau memiliki sifat antiinflamasi yang telah terbukti dalam berbagai studi ilmiah salah satunya dikutip dari Nutrisense, dapat menghambat produksi molekul seperti sitokin dan interleukin, sebagai dalang dari peradangan pada kulit. Hal ini dapat membantu meredakan gejala pada kulit seperti kemerahan, bengkak, dan gatal gatal.

Selain itu, antioksidan dalam teh hijau dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan sinar UV. Paparan berlebihan terhadap sinar matahari dan polusi udara dapat memicu peradangan pada kulit. Antioksidan dalam teh hijau juga dapat mengurangi stres oksidatif dan meminimalkan kerusakan sel kulit, yang  dapat mengurangi risiko peradangan.

 

4. Memiliki Aroma Yang Menenangkan

Aroma menenangkan dalam teh hijau umumnya berasal dari senyawa-senyawa kimia yang disebut dengan flavonoid. Salah satu flavonoid yang berperan dalam memberikan aroma menenangkan ini adalah L-theanine.

L-theanine merupakan asam amino yang dapat memiliki efek menenangkan pada sistem saraf. Ini bekerja dengan meningkatkan produksi neurotransmiter seperti dopamin dan serotonin, yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan perasaan rileks. Kombinasi L-theanine dengan kafein yang hadir dalam teh hijau juga dikenal dapat memberikan efek stimulasi yang lebih tenang dibandingkan dengan minuman kafein lainnya. Oleh karena itu, teh hijau dengan aroma menenangkan sering dianggap sebagai minuman yang dapat membantu mengatasi rasa cemas.

Selain L-theanine, aroma menenangkan dalam teh hijau juga dapat berasal dari berbagai senyawa lainnya, termasuk senyawa aromatik yang memberikan bau dan rasa yang khas pada teh. Berbagai varietas teh hijau, seperti teh hijau Jepang Sencha atau Matcha, memiliki aroma yang berbeda-beda, tetapi semuanya dapat memberikan sensasi yang menyenangkan saat menikmatinya.

 

5. Mampu Menghilangkan Bau Dalam Ruangan

Teh hijau memiliki kemampuan untuk menghilangkan aroma tidak sedap dalam ruangan. Hal ini disebabkan oleh senyawa-senyawa aktif katekin dan polifenol. Katekin dengan sifat antimikrobanya yang dapat membunuh bakteri penyebab bau tak sedap. Sementara itu, polifenol merupakan senyawa kimia alami yang memiliki sifat deodoran, yang berarti ia dapat menyerap dan menghilangkan bau yang tidak diinginkan.

Cara sederhana pengaplikasian teh hijau sebagai pengusir bau tidak sedap sangat mudah. Pertama, seduh teh hijau seperti biasa dengan air panas. Setelah beberapa menit, biarkan teh mendingin. Kemudian, cairan teh hijau yang telah diinfuskan dapat digunakan sebagai semprotan ruangan atau cairan pembersih. Semprotkan cairan ini di sekitar ruangan atau di area yang membutuhkan penyegaran, atau gunakan untuk membersihkan permukaan yang dapat menyerap bau. Selain itu, Anda juga dapat meletakkan mangkuk kecil berisi teh hijau yang sudah dingin di sudut ruangan yang mengeluarkan aroma tak sedap.

 

Penggunaan Minyak Essensial Teh Hijau Dalam Pengharum Ruangan

Sebagaimana telah diuraikan secara rinci dalam poin sebelumnya, tidak dapat disangkal bahwa teh hijau tidak sekadar memberikan aroma alami yang begitu menyegarkan bagi indera penciuman kita, tetapi juga memiliki keunggulan luar biasa yang tidak dimiliki oleh pengharum ruangan komersil yang umumnya Anda beli di pasar atau minimarket. Keunikan ini berakar pada fakta bahwa teh hijau adalah bahan alami yang tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya yang seringkali menjadi komponen utama dalam bahan produk pengharum ruangan alami.

Keuntungan utama lainnya dari menggunakan teh hijau sebagai pengharum ruangan adalah kemampuannya untuk mengatasi masalah aroma yang tidak sedap dalam ruangan. Tekstur harumnya yang menyegarkan dapat membantu menghilangkan bau-bau tidak sedap yang dapat muncul dalam berbagai situasi, seperti aroma dapur setelah memasak atau aroma rokok yang membandel. Ini membuat teh hijau menjadi solusi yang praktis dan efektif untuk menciptakan lingkungan yang lebih nyaman dan segar.

 

Salah satu olahan the hijau untuk pengharum ruangan yang terkenal, Safe Care Diffuser Oil Green Tea merupakan bahan pengharum yang memiliki keunggulan dari produk pengharum lainnya. Salah satu keunggulan utama dari Safe Care Diffuser Oil Green Tea adalah aroma teh hijau alaminya yang kuat daripada yang lain sehingga memancarkan keharuman yang segar dan menenangkan. Aroma alami teh hijau ini tidak hanya menghilangkan bau tidak sedap, tetapi juga memberikan efek relaksasi yang dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan suasana hati. Dengan menggunakannya, Anda dapat menciptakan atmosfer yang nyaman dan santai di rumah atau tempat kerja.

Penggunaan Safe Care Diffuser Oil Green Tea juga sangat mudah. Anda hanya perlu meneteskan 3 - 5 tetes minyak ke dalam air di diffuser atau wadah yang berisi air, lalu biarkan aroma segar teh hijau menyebar ke seluruh ruangan.

Selain itu, keunggulan lainnya dari produk ini adalah dapat mengusir stres dan menciptakan suasana yang lebih tenang di lingkungan yang Anda tinggali. Selalu penting untuk menyimpan minyak diffuser ini pada suhu di bawah 30ºC dan terhindar dari sinar matahari langsung agar kualitasnya tetap terjaga. Dengan Safe Care Diffuser Oil Green Tea, Anda dapat dengan mudah menciptakan ruang yang nyaman untuk meningkatkan mood Anda sehari-hari saat menjalani aktivitas atau setelah menjalani aktivitas di luar.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar