6 Aturan yang Harus Dipahami Turis Sebelum Wisata ke Korea Selatan

Jumat, 5 Juli 2019 | Safecare Admin





Bagi K-popers, wisata ke Korea Selatan menjadi impian yang segera ingin diwujudkan. Selain memiliki banyak destinasi wisata yang menyenangkan, Korea Selatan juga punya kebudayaan yang menarik lengkap dengan landskap pemandangan alam yang indah. Meskipun Negeri Gingseng ini sangat terbuka dan ramah terhadap turis asing, ada beberapa aturan penting yang harus kamu pahami terlebih dulu sebelum datang berkunjung. Apa saja?

 

Bersalaman hanya menggunakan satu tangan

Di Indonesia, bersalaman menggunakan satu tangan adalah hal yang wajar. Sebaliknya, saat wisata ke Korea Selatan kamu sangat tidak dianjurkan melakukan hal ini. Penduduk setempat memandang orang yang menjabat tangan orang lain dengan satu tangan adalah hal yang tidak sopan. Jadi, pastikan saat berkenalan kamu bersalaman dengan menggunakan dua tangan. Caranya, gunakan tangan kanan untuk bersalaman, dan letakkan tangan kiri dipunggung tangan orang yang bersalaman denganmu.

Jangan menyapa dengan menyentuh bahu orang lain!

Menjunjung tinggi norma kesopanan, di Korea Selatan terdapat larangan tidak tertulis yang satu ini. Iya, kamu dilarang menyapa seseorang dengan cara menyentuh bahunya! Apabila kamu melakukan hal tersebut, terlebih pada lawan jenis, maka kamu dianggap tidak sopan dan melecehkan orang tersebut. Sentuhan fisik ini merupakan tanda bahwa kamu memiliki “perasaan”, jadi apabila dilakukan dengan orang asing bisa dituntut hukum atas tuduhan tindakan pelecehan.

Menggunakan tinta merah untuk menulis

Warna merah sering dihubungkan dengan keberanian ataupun perlawanan. Namun, hal ini tidak berlaku di Korea Selatan. Di sana, penggunaan tinta merah untuk menulis sangat dilarang sebab berarti kamu menginginkan kematian dari orang yang membaca tulisan tersebut. Saat wisata ke Korea Selatan, selalu gunakan tinta hitam untuk menulis apa saja, sehingga kamu tidak melanggar aturan yang berlaku di wilayah tersebut.

Memegang bawah mangkuk saat makan

Belum lengkap rasanya wisata ke Korea Selatan tanpa mencicipi sup yang disajikan bersama nasi sebagai hidangan utama. Memiliki kuah yang jernih dan rasa gurih, sup asli buatan Korea Selatan memang wajib kamu coba. Eits, tunggu dulu. Ada aturan memegang mangkuk sup yang harus kamu perhatikan. Masyarakat Korea Selatan tidak memperbolehkan siapa saja memegang bagian bawah mangkuk saat makan. Jika kamu tetap melakukannya, maka kamu dianggap tidak memiliki sopan santun.

Menyuap lebih dulu dibandingkan orang tua

Makan malam bersama keluarga sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat Korea Selatan. Beberapa turis yang beruntung bisa mendapatkan kesempatan ini. Namun, jangan sampai kamu menjelekkan nama Indonesia, ya. Perlu diketahui bahwa ketika kamu makan bersama dengan orang yang lebih tua, maka biarkan mereka menyuap terlebih dulu. Jangan tergesa-gesa menyuap lebih dulu, karena hal ini dianggap tabu dan tidak sopan.

Berbicara dengan keras di area publik

Satu lagi aturan yang harus dipahami turis sebelum wisata ke Korea Selatan, yaitu mengecilkan volume suara saat berbicara di area publik. Hampir seluruh warga di sana berbicara dengan lembut dan volume yang pelan. Jadi, saat menemukan kamu berbicara dengan ekras di area publik maka saat itu pula keberadaanmu dianggap mengganggu.

 

Wah, cukup unik juga, ya, aturan bagi turis yang akan wisata ke Korea Selatan. Tentu saja, aturan tersebut tetap wajar karena setiap wilayah ataupun negara memiliki adat istiadat dan aturan masyarakat yang berbeda. Sebagai turis, kamu-lah yang harus pandai-pandai beradaptasi dengan orang-orang baru dan di lingkungan yang baru pula.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar