Cara Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Konsumi Obat-Obatan

Jumat, 28 Juli 2023 | Safecare Admin



Mengatasi Sulit Tidur Tanpa Konsumi Obat-Obatan

Anda termasuk salah satu orang yang memiliki gangguan tidur atau insomnia? Mulai sekarang hentikan kebiasaan mengonsumsi obat-obatan, sebab hal ini justru menimbulkan efek samping bagi kesehatanmu. 

Insomnia merupakan gangguan yang mengganggu tidur nyenyak sehingga membuat kualitas tidur berkurang dan kondisi fisik menurun.

Untuk  mengatasi sulit tidur, ada beberapa cara alami yang jauh lebih aman dilakukan. Kira-kira seperti apa, ya, Safeian? Daripada penasaran cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini.

Secara alami gangguan tidur atau insomnia bisa diatasi dengan beberapa hal yaitu, 

 

1. Menyalakan Diffuser 

Menggunakan minyak essensial lavender dan menyalakan diffuser, menjadi salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan kualitas tidur.

Dikutip dari klikdokter.com berdasarkan data tahun 2015 aroma diffuser lavender dapat membuat tidur lebih nyenyak.

 

2. Mengonsumsi Teh Herbal

Salah satu rekomendasi teh herbal yang dapat meningkatkan kualitas tidur adalah teh kamomil. Mengapa demikian? ada kandungan apigenin pada aktioksidan flavonoid yang menimbullkan efek relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur.

 

3. Kenyamanan Kamar

Kamar yang nyaman tentu akan meningkatkan kualitas tidur semakin meningkat. Hal ini yang banyak tidak disadari, dengan mengganti seprai atau membereskan pakaian kotor dan peralatan yang membuat kamar sesak akan membuat sirkulasi kamar menjadi lebih baik. Tentunya kualitas tidur akan lebih meningkat.

 

4. Pijat 

Kemungkinan tidur tidak nyenyak adalah badan pegal dan capek. Anda bisa mengambil solusi pijat agar kualitas tidur lebih baik, pijat atau refleksi menjadi solusi agar otot-otot tegang bisa relaks dan dapat meningkatkan kualitas tidur.

 

5. Gunakan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy

Kondisi badan yang capek kadang tanpa disadari menjadi kualitas tidur, dengan menggosokkan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy dibagian pundak maupun bagian leher selain itu menghirup aroma Safe Care Minyak Angin Aromatherapy secukupnya untuk meningkatkan relaksasi sebelum tidur.

 

6. Terapkan Waktu Tidur Teratur

Cara mengatasi sulit tidur yang paling mudah untuk dilakukan, yaitu dengan menerapkan pola istirahat yang teratur. Kamu bisa menyusun jadwal kegiatan rutin setiap harinya secara berurutan, mulai dari bangun tidur sampai kembali tidur di malam hari. 

Dengan bantuan waktu tidur yang teratur ini, secara otomatis tubuh akan menyesuaikan sehingga kamu tidak lagi sulit memulai tidur. Ingat, setidaknya orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 – 8 jam dalam sehari. Jika tidak terpenuhi dengan baik, maka risiko kelelahan dan penyakit lainnya dapat menyerang kamu.

 

7. Rutin Berolahraga

Jarang diketahui bahwa selama melakukan aktivitas olahraga, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang menjadi pengganggu alami waktu tidur seseorang. Tidak perlu berolahraga berat, kamu bisa berjalan kaki santai, jogging, atau yoga setiap pagi dan sore hari. Olahraga juga membantu kamu terbebas dari rasa pegal dan nyeri, sehingga selama tidur tubuh lebih terasa nyaman dan nyenyak.

 

8. Makan Malam Lebih Awal

Safeian, demi mengatasi sulit tidur mulai sekarang cobalah untuk makan malam lebih awal. Hal ini dikarenakan posisi tubuh yang kekenyangan lebih sulit tidur, karena proses pencernaan belum selesai sempurna. Jadi, pastikan kamu memberi jeda antara jam makan malam dan tidur minimal 3 – 4 jam. Cara ini juga efektif dilakukan bagi kamu yang sedang menjalankan program diet lho! Di samping mengurangi timbunan lemak, insomnia pun dapat teratasi secara optimal.

 

9. Jangan Gunakan Gadget Menjelang Tidur!

Nah, kebiasaan kamu bermain gadget sebelum tidur ternyata menjadi salah satu penyebab insomnia. Secara ilmiah, cahaya yang dipancarkan oleh gadget akan merangsang otak sehingga kamu susah memulai tidur. Kamu juga disarankan meletakkan gadget jauh dari tempat tidur agar selama beristirahat tidak terganggu dering notifikasi apapun dari gadget tersebut.

 

10. Meletakkan bantal di antara kedua kaki

Masih belum berhasil mengatasi sulit tidur? Kamu mungkin mengalami sakit punggung akibat aktivitas sehari-hari yang cukup padat. Alih-alih mengonsumsi obat tidur, kamu justru disarankan untuk memperbaiki posisi tidur. Sebelum berbaring, letakkan bantal di antara kedua kaki sehingga pinggul berada pada posisi selarang. Pada posisi terlentang, bantal juga bisa diselipkan tepat di bagian bawah lutut agar meringankan nyeri punggung.

 

11. Matikan lampu

Selain cahaya dari gadget, ternyata lampu kamar juga bisa membuat kamu sulit tidur. Oleh karena itu, sebaiknya matikan lampu yang ada di dalam kamar. Tidak terkecuali lampu pada jam digital di atas meja samping tempat tidur. Ketika kamar berada dalam keadaan gelap gulita, maka Anda lebih mudah memulai tidur karena tidak terganggu sumber cahaya apapun.

 

 12. Hindari Minuman Ber-Kafein

Terkadang beberapa orang tidak menyadari kualitas tidurnya berkurang disebabkan minuman kopi yang berlebih sebelum tidur. Bagi beberapa orang, minuman berkafein menurunkan kualitas tidur bahkan sampai begadang.

Untuk itu bagi Anda yang merasakan kurang tidur, disarankan mengurangi konsumis minuman berkafein. Dan mulai mengonsumsi air putih saja 2 atau 3 jam sebelum tidur agar tidak mudah terjaga saat malam hari.

Safeian, ternyata mengatasi sulit tidur tidak harus dengan obat-obatan saja, ya? Ada banyak cara lain yang lebih aman dan nyaman dilakukan. Untuk membuat tubuh lebih rileks sebelum tidur kamu juga bisa mengoleskan Safe Care Refreshing Oil. 

Aroma yang menyegarkan ampuh membuat kamu lebih merasa tenang, sehingga tidak lagi sulit untuk memulai tidur. Selamat mencoba dan semoga berhasil mengatasi sulit tidur, ya!

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar