Tips Mengatasi Badan Pegal Saat Perjalanan

Rabu, 29 Maret 2023 | Safecare Admin



Cara-Mengatasi-Badan-Pegal-Saat-Perjalanan

Jika Anda menggunakan mobil atau motor untuk bepergian, maka beberapa titik tubuh akan lebih nyeri daripada yang lainnya. Salah satunya, yaitu bagian pundak dan pinggang. Untuk itu, Anda harus tahu cara mengatasi badan pegal yang ampuh untuk perjalanan.

Bagian pundak dan leher akan terasa nyeri karena terus berada dalam posisi mengendalikan setir atau kemudi motor. Adapun bagian pinggang bisa disebabkan karena Anda menghabiskan waktu berjam-jam lamanya di kursi kemudi atau jok motor.

 

Gejala Badan Pegal Saat Perjalanan 

 

 

Inilah yang akhirnya membuat beberapa bagian tubuh tersebut jadi kaku dan pegal-pegal. Gejala sakitnya, yaitu sebagai berikut ini:

  • rasa kaku yang berpusat di pinggang;
  • rasa pegal yang menusuk-nusuk di pundak;
  • leher dan pundak kaku serta susah digerakkan;
  • rasa sakit dan nyeri yang menjalar ke bagian tubuh lainnya;
  • berjalan terasa lemah dan tidak kuat;

Jika rasa sakit itu terus terjadi dan tidak ditangani dengan baik, maka akan membuat tubuh menjadi lebih menurun lagi kondisinya. 

 

Cara Mengatasi Badan Pegal Saat Perjalanan 

Setelah mengetahui informasi tersebut, sekarang Anda bisa mempelajari beberapa cara yang ampuh untuk mengusir rasa pegal di badan ketika dalam perjalanan. Gunakan tips berikut ini agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan lancar dan tanpa halangan. 

 

 

1. Mengatur Waktu Istirahat

Cara mengatasi badan pegal dan capek yang pertama adalah dengan mengatur waktu istirahat ketika mudik. Jika jarak tempuh memang jauh dan butuh waktu berjam-jam, maka Anda wajib mengatur waktu istirahat di tengah perjalanan. Dengan begitu, rasa pegal dan nyeri saat di dalam kendaraan akan bisa diatasi dengan lebih baik.

Cara terbaik untuk istirahat ketika dalam perjalanan mudik adalah dengan mengunjungi tempat peristirahatan terdekat. Kalau Anda ingin perjalanan jadi lebih teratur, maka Anda juga bisa melakukan pencarian tempat peristirahatan yang akan dilewati ketika mudik nanti. Hal ini akan membantu agar perjalanan jadi lebih cepat dan teratur.

Di dalam tempat peristirahatan ini, Anda bisa sekedar duduk-duduk untuk menikmati pemandangan yang ada. Selain itu, tempat peristirahatan juga biasanya menjual makanan. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk mengisi perut yang kosong.

Ketika mudik, pastikan untuk melakukan istirahat selama beberapa jam sekali. Hal ini akan membantu badan lebih segar dan sehat ketika sampai ke tempat tujuan nanti. Jangan khawatirkan waktu sampainya ya, karena kesehatan Anda dan keluarga adalah yang terpenting dan utama. 

 

2. Konsumsi Air Putih

Cara mengatasi sakit pegal dan nyeri di tengah perjalanan lainnya, yaitu dengan mengkonsumsi air putih yang pas. Ketika seharian berkendara di dalam motor atau mobil, tubuh akan terus berada di satu posisi secara terus menerus. Hal ini bisa menyebabkan otot kaku dan tegang yang bisa berujung dengan pegal dan nyeri.

Pastikan untuk mengkonsumsi air putih dengan teratur agar tidak dehidrasi dan bisa lebih segar. Anda bisa mengatur waktu minum beberapa jam sekali agar tidak lupa. Selain itu, hindari minum kopi atau yang manis-manis ketika mengemudi karena bisa mempengaruhi kerja ginjal.

Air putih sangat berguna untuk tubuh karena dapat memastikan cairan tubuh terpenuhi. Jadi, tubuh bisa lebih segar dan tidak cepat lelah di tengah perjalanan nanti.

Selain itu, jika Anda sering duduk di kendaraan dan jarang minum air putih, maka akan membuat kerja ginjal jadi lebih berat. Hal ini bisa menyebabkan sakit di kandung kemih yang membuat pinggang jadi pegal. Jika kelamaan, maka sakit ini akan jadi semakin tak tertahankan.

Oleh karena itu, Anda harus mengkonsumsi air putih sesuai takaran, yaitu dua liter per hari untuk orang dewasa dan satu liter lebih untuk anak kecil. Jadi, sakit pegal dan nyeri tidak akan datang lagi. 

 

3. Perenggangan

Cara mengatasi badan pegal yang selanjutnya, yaitu dengan melakukan peregangan di tengah perjalanan, tetapi bukan waktu mengemudi ya. Anda bisa menghentikan kendaraan untuk sejenak lalu melakukan peregangan secara sederhana. Hal ini akan membantu agar nyeri pegal tidak datang.

Ketika dalam kendaraan bermotor atau mobil, Anda diharuskan untuk berada dalam satu posisi terus menerus. Hal ini bisa menyebabkan rasa sakit di beberapa bagian tubuh. Untuk mengatasinya, lakukanlah peregangan sederhana berikut ini:

  • Peregangan sederhana yang pertama, yaitu dengan berdiri sejenak setelah beberapa jam lamanya. Hal ini akan membantu tubuh jadi lebih lemas dan siap beraktivitas lagi.
  • Peregangan lainnya, yaitu dengan memutar kepala, tangan, atau pinggang selama beberapa kali. Cara ini akan membantu Anda agar tubuh jadi lebih lega dan tidak kaku lagi.
  • Peregangan lainnya, yaitu dengan memiringkan kepala ke satu arah, lalu menahannya selama beberapa detik. Setelah itu, lakukan langkah yang sama untuk sisi lainnya.

Lakukan peregangan ini selama beberapa kali dalam beberapa jam agar otot tidak pegal. Jangan lupa beri asupan makanan yang pas ya. 

 

4. Relaksasi

Cara lainnya untuk mengatasi rasa pegal saat dalam perjalanan, yaitu dengan melakukan relaksasi. Relaksasi banyak dilakukan oleh masyarakat untuk memfokuskan diri dan merilekskan pikiran sehingga tubuh dan pikiran yang lelah jadi lebih tenang dan santai. Cara ini juga bisa Anda lakukan di saat dalam perjalanan mudik ke kota tujuan.

Di tengah perjalanan, cobalah untuk berhenti sejenak. Setelah itu, Anda bisa memposisikan diri di tempat yang nyaman. Namun, usahakan untuk keluar dari tempat duduk atau kemudi ya, jadi badan bisa terhindar dari nyeri.

Setelah memposisikan diri, Anda bisa memulai relaksasi dengan menarik napas yang dalam selama beberapa detik. Setelah itu, tahan napas dan hembuskan perlahan. Relaksasi ini tidak hanya berguna untuk merilekskan otot yang tegang, tetapi juga membuat Anda jadi tidak mudah emosi.

Apalagi kondisi jalan ketika mudik biasanya memang sangat ramai dan penuh. Bahkan, banyak pengemudi lainnya yang teledor dan ugal-ugalan. Hal ini bisa membuat pegal jadi semakin terasa.

Dengan relaksasi ini, Anda bisa menghindari pegal pada tubuh sekaligus menjaga pikiran jadi tetap fokus. Jadi, Anda bisa sampai ke kampung halaman dengan tepat waktu tanpa harus menahan rasa sakit karena pegal. 

 

5. Makan dan Nutrisi Bergizi

Cara mengatasi badan capek dan pegal lainnya, yaitu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki nutrisi tinggi. Ketika dalam perjalanan menggunakan mobil, Anda pasti sering mengkonsumsi jajanan ringan yang sering dijual di pasar. Jajanan memang enak, tapi memiliki kandungan nutrisi yang tidak seimbang.

Bahkan, banyak dari jajanan tersebut yang memiliki kandungan gula tinggi hingga dapat membuat kesehatan terganggu. Ketika dalam perjalanan, pastikan untuk mengkonsumsi makanan bergizi yang kaya akan nutrisi sehingga tubuh bisa fokus dan tidak mudah lelah.

Apalagi jika Anda akan bepergian ke luar daerah yang cukup jauh. Anda akan memerlukan banyak energi agar bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat.

Mengkonsumsi karbohidrat terlalu banyak bisa membuat Anda jadi lebih cepat mengantuk. Sebaiknya imbangi antara protein, karbohidrat, dan juga serat. Jadi, kondisi tubuh bisa tetap segar dan siap menghadapi kondisi jalanan saat mudik.

Anda juga bisa mengkonsumsi beberapa bahan alami yang baik untuk mencegah rasa pegal di tubuh. Bahan tersebut, yaitu jahe dan juga kunyit. Seduh kedua bahan ini, lalu minum sampai habis. Bahan-bahan ini akan membantu badan agar tetap prima. 

 

6. Memijat Bagian Tubuh Pegal

Cara lainnya agar tubuh tetap prima tanpa rasa pegal di perjalanan, yaitu dengan melakukan pijatan pada tubuh Anda. Pijatan ini akan berguna untuk merilekskan bagian badan yang pegal agar kembali seperti semula. Hal ini akan terasa menyegarkan untuk Anda yang sudah berjam-jam berada di jalan.

Anda bisa memberikan pijatan ke daerah pundak atau punggung. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak pijat untuk membantu agar kegiatan ini jadi lebih mudah dilakukan.

Cara pijat yang disarankan, yaitu dengan menekan kuat di bagian yang sakit. Lalu, gerakkan jari secara lembut dengan cara memutar. Setelah itu, Anda juga bisa mengulangi gerakan ini pada arah berlawanan. Jadi, efeknya bisa maksimal.

Lakukan kegiatan ini selama beberapa menit hingga rasa pegal dan nyeri di badan pun menghilang. Anda bisa meminta tolong anggota keluarga lainnya untuk memijatnya. 

 

7. Menggunakan Minyak Aromaterapi

Cara lainnya, yaitu dengan menggunakan minyak aromaterapi. Minyak aromaterapi memiliki banyak khasiat yang berguna bagi tubuh. Khasiatnya akan membuat tubuh dan pikiran jadi lebih rileks.

Ketika menggunakan minyak aromaterapi, wanginya akan menyebar dan akan membuat indra penciuman jadi lebih segar. Selain itu, bau harumnya juga bisa membuat pikiran jadi lebih tenang dan rileks.

Minyak ini akan berguna untuk mengelola stres, menahan emosi, dan juga menyeimbangkan hormon. Selain itu, minyak aromaterapi kini sudah banyak menggunakan bahan-bahan yang dapat menghangatkan tubuh. Jadi, tubuh akan lebih rileks dengan aromanya dan juga hilang pegalnya karena komposisi minyaknya.

 

 

Kalau Anda ingin memilih minyak aromaterapi untuk perjalanan mudik, pastikan untuk memilih Safe Care Minyak Angin Aromatherapy yang memiliki komposisi bahan berkualitas dan memiliki harum yang elegan serta menenangkan.

Safe Care Minyak Angin Aromatherapy bisa berguna untuk meringankan sakit kepala, masuk angin, mabuk perjalanan dan gatal karena gigitan serangga, serta menenangkan dan menambah kenyamanan. Anda cukup mengoleskan Safe Care Minyak Angin Aromatherapy pada bagian yang diperlukan untuk mendapat hasil yang maksimal.

Itulah dia beberapa tips untuk mengatasi badan capek dan pegal ketika berada dalam perjalanan jauh. Kalau Anda berencana untuk berwisata atau melakukan perjalanan, pastikan untuk mengetahui tips ini agar tidak menyesal saat di tengah jalan nanti ya. Pastikan untuk mempraktikkan seluruh tips ini agar pegal bisa hilang sepenuhnya. 

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar