Manfaat Minyak Telon Untuk Anak dan Bayi

Rabu, 29 Maret 2023 | Safecare Admin



manfaat-minyak-telon-untuk-bayi-dan-anak

Penggunaan minyak telon sudah banyak menjadi pilihan untuk bayi dan anak kecil. Bahkan, dianggap sebagai suatu keharusan untuk diberikan pada bayi. Pada minyak satu ini terdapat banyak manfaat yang terkandung di dalamnya.

Namun, sebelum membahas mengenai manfaat ini, Anda bisa mencoba mengenal dan mempelajari tentang minyak telon. Jadi, Anda nantinya bisa benar-benar tahu apakah kandungan minyak telon memang bagus atau tidak.

Apa Itu Minyak Telon?

 

 

Minyak telon merupakan bahan tradisional yang sudah digunakan sejak zaman dahulu. Ramuan dalam minyak telon sudah digunakan dan diwariskan secara turun temurun serta terus terjaga kelestariannya. Penggunaan minyak telon biasanya diberikan pada bayi setelah mandi.

Banyak orang tua yang percaya bahwa minyak telon yang dioleskan ke tubuh bayi akan memberikan efek hangat dan nyaman sehingga bayi pun tenang. Selain itu, sentuhan dari orang tua memberikan peran penting yang menyebabkan bayi jadi lebih nyaman.

Sentuhan ibu dengan menggunakan minyak telon akan membantu dalam memperlancar peredaran darah bayi. Hal ini akan membantu memperlancar metabolisme bayi tersebut.

Hal ini pun banyak dilakukan ketika bayi dalam keadaan tidak fit. Kehangatan dan kenyamanan minyak telon akan membantu membuat kondisi tubuhnya jadi lebih baik.

Ketika memberikan minyak telon, Anda tidak boleh melakukannya dengan asal-asalan saja. Ada beberapa bagian yang cocok jika dioleskan dengan minyak telon. Bagian tubu tersebut, yaitu dada, punggung, perut, serta telapak kaki bayi.

Ketika mengusapkan minyak telon, Anda juga bisa sambil memberikan pijatan ringan di daerah dada dan bawah leher. Pastikan bahwa Anda memijat bagian puncak tulang pada dasar agar dapat menstimulasi kelenjar yang bermanfaat untuk membentuk antibodi bayi.

Pemijatan pada bagian tersebut juga akan mendorong angin atau udara yang terjebak di dalam tubuh, sehingga mencegah perut kembung. Adapun kalau Anda memijat bagian punggung, maka akan membantu melenturkan otot di sekitar daerah tersebut. Hal ini dapat membantu anak Anda agar memiliki postur tubuh yang baik dan membantu sistem gerak anak.

Selanjutnya, Anda bisa memberikan pijatan dengan minyak telon di area telapak kaki. Pemijatan di area ini akan bermanfaat untuk mematangkan sarafnya. Hal ini akan memberi keuntungan bagi bayi agar ketika proses belajar sudah mulai, dia bisa memperlihatkan peningkatan yang baik.

Selain tempat penggunaan minyak telon, Anda juga harus memperhatikan banyaknya minyak yang digunakan. Menggunakan minyak telon terlalu banyak tidak selamanya baik. Hal ini justru memberikan efek buruk.

Mengoleskan terlalu banyak minyak telon bisa menimbulkan adanya iritasi di kulit pada anak Anda. Apalagi jika produk tersebut belum teruji secara menyeluruh. Efek alergi bisa saja muncul pada anak.

Selain itu, perhatikan juga waktu penggunaannya. Pastikan mengoleskan minyak telon pada anak sekitar 2 hingga 3 kali sehari.

 

Kenapa Minyak Telon Bagus Untuk Bayi atau Anak?

 

 

Sebelum melangkah ke bagian tentang apa manfaat minyak telon untuk anak, Anda sebaiknya mempelajari tentang kandungan dalam minyak tradisional ini dan juga kenapa jenis minyak ini sangat cocok untuk anak. Jadi, Anda tidak akan merasa ragu lagi ketika membeli produk minyak telon.

Minyak telon memiliki harum yang berbeda dari jenis minyak lainnya. Hal ini karena minyak telon adalah ramuan yang dibuat dari berbagai jenis minyak. Jenis minyak tersebut ada tiga.

Jika diperhatikan dari namanya, minyak telon berasal dari kata teluTelu adalah bahasa Jawa dari kata tiga. Hal ini berarti bahwa minyak telon merupakan minyak hasil perpaduan dari tiga jenis minyak lain. Minyak lainnya yaitu minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa.

Perpaduan minyak ini sudah dijaga resepnya dan digunakan hingga turun temurun sejak zaman dahulu. Banyak orang dulu menggunakannya untuk mengusir masuk angin pada anak.

Minyak ini biasa digosokkan atau dioleskan di bagian tubuh bayi, seperti punggung, perut, dan juga telapak kaki. Hal ini dilakukan demi memberikan rasa hangat pada anak. Efek hangat ini sangat berguna bagi anak.

Apalagi bayi memiliki kulit yang tipis dan tidak seperti orang dewasa. Tubuh yang rentan ini harus selalu dalam keadaan hangat. Hal ini berbeda dengan orang dewasa yang bisa menggunakan lemak tubuh untuk menghangatkan diri.

Hal itulah yang menyebabkan banyak orang memilih minyak telon sebagai cara memberi kehangatan pada bayi. Jika tidak, bayi akan kedinginan bahkan menggigil karena tidak terjaga kehangatannya.

Bayi masih berada dalam masa pertumbuhan. Namun, jika bayi terus berada dalam keadaan kedinginan, tenaga yang harusnya untuk pertumbuhan malah akan beralih digunakan untuk melawan hawa dingin tersebut.

Dengan menggunakan minyak telon, maka anak Anda dapat menghemat kalori dan menggunakannya untuk pertumbuhan tubuh. Selain itu, dengan menggunakan minyak ini setelah mandi akan membantu bayi tertidur lebih baik.

Setelah mengetahui informasi mengenai kenapa minyak telon ini baik untuk anak, sekarang Anda bisa mempelajari tentang beberapa minyak yang digabungkan untuk menjadi bahan dasar dari minyak telon ini.

  • Yang pertama, yaitu minyak adas. Minyak adas sudah lama dikenal untuk membantu kesehatan tubuh dan untuk pengobatan tradisional. Tanaman adas ini sudah diteliti dan diketahui beberapa manfaatnya.
  • Air adas yang digunakan secara tradisional ternyata dapat digunakan untuk mengatasi kram pada perut dan juga kondisi perut kembung. Sedangkan minyak adas memiliki efek untuk melegakan tenggorokan dan juga dapat membantu menstimulasi.
  • Minyak adas yang terserap akan membantu menstimulasi kerja organ, sistem saraf, dan juga kerja kelenjar. Hal ini akan membantu dalam meringankan efek depresi dan memberi kesan relaksasi pada tubuhnya.
  • Selain minyak adas, minyak telon juga terdiri dari minyak kayu putih. Minyak esensial ini memiliki sifat anti bakteri dan antiseptik sehingga baik digunakan untuk sabun, parfum, dan juga produk kesehatan.
  • Minyak ini juga bisa mengatasi masalah kulit. Biasanya, minyak kayu putih memiliki konsentrasi sebesar 15% hingga 20% dalam minyak telon.
  • Selanjutnya, yaitu ada minyak kelapa. Minyak satu ini bisa memberi efek melembutkan pada kulit sehingga banyak digunakan pada produk kosmetik.
  • Minyak kelapa dalam komposisi minyak telon adalah kandungan pembawa agar tidak mudah menguap dan menempel di kulit. Selain itu, bisa digunakan juga sebagai pelembab agar kulit bayi tidak iritasi. 

Berikut Manfaat Minyak Telon Untuk Anak dan Bayi

Beberapa manfaat tersebut akan membantu tidak hanya kondisi anak, tetapi juga untuk para orang tua yang sedang mencari minyak yang cocok untuk bayi. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya. 

 

 

1. Mencegah Masuk Angin

Manfaat dari minyak telon yang pertama, yaitu bisa membantu mencegah masuk angin. Masuk angin adalah keadaan di mana terdapat terlalu banyak gas atau udara pada tubuh. Hal ini bisa menyebabkan adanya perut kembung.

Dengan menggunakan minyak telon, maka Anda bisa membantu meredakan gejala masuk angin pada anak. Oleskan secukupnya pada tangan, lalu pijat-pijat pada tubuh bayi. Hal ini akan membuat anak Anda merasa nyaman dan meredakan sakitnya.

Selain itu, dengan memijat tubuh anak dengan minyak telon, maka Anda akan membantu agar sirkulasi darah anak menjadi lebih lancar. Hal ini akan memberi peningkatan pada metabolisme tubuh anak. 

 

2. Menghangatkan Badan

Manfaat minyak telon untuk kulit bayi lainnya, yaitu untuk memberi efek menghangatkan badan. Minyak telon memiliki kandungan minyak kayu putih di dalam komposisinya. Hal ini membuat ramuan tradisional ini memiliki efek hangat pada kulit.

Apalagi bayi memang perlu terus merasa hangat karena kulit dan tubuhnya yang tidak sama dengan orang dewasa. Dengan adanya minyak telon, Anda juga tidak perlu pusing jika berada dalam kondisi dingin di daerah dataran tinggi.

Jika badan anak atau bayi hangat, maka otomatis akan membuatnya lebih nyaman dan akhirnya tertidur. Jika begitu, maka anak pun tidak akan rewel terus seharian.

Apalagi jika anak tidak diberi kehangatan pada kondisi cuaca dingin, hal ini akan menimbulkan banyak risiko, seperti penyakit dan juga kondisi kesehatan lainnya. Kalau Anda tidak mau melihat anak tersiksa karena kedinginan, maka sebaiknya segera menggunakan minyak telon pada tubuhnya. 

 

3. Melindungi Dari Gigitan Nyamuk

Manfaat minyak telon lainnya, yaitu untuk mencegah tubuh bayi terkena gigitan nyamuk. Gigitan nyamuk tidak hanya memberikan reaksi merah-merah pada kulit anak. Gigitan ini juga bisa membuat rasa gatal pada tubuhnya.

Hal ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan dan akhirnya membuat anak rewel. Manfaat minyak telon untuk gatal sangat dipercaya oleh banyak masyarakat. Gatal karena gigitan nyamuk akan mereda ketika menggunakan minyak telon.

Selain itu, bau minyak telon yang khas juga akan membantu mengusir nyamuk yang ada di sekitar. Jadi, anak bisa terbebas dari gigitan nyamuk di kulitnya serta tidak perlu menderita gatal-gatal lagi. Anak bisa tidur dengan nyenyak dan tanpa harus khawatir digigit nyamuk. 

 

4. Minyak Pijat

Manfaat selanjutnya, yaitu untuk dijadikan minyak pijat. Minyak telon memang biasa digunakan untuk menghangatkan badan bayi. Hal ini karena efeknya dan kandungannya yang pas untuk menjaga kondisi tubuh dan suhu tubuhnya.

Namun, banyak juga orang tua yang menggunakan minyak telon di kulit bayi sambil melakukan pemijatan di tubuh mereka. Hal ini dipercaya akan dapat membantu bayi tertidur pulas.

Ternyata keuntungan pemijatan ini juga baik untuk saraf anak Anda. Jadi, peredaran darah bayi akan lebih lancar dan metabolisme tubuh bayi juga menjadi lebih baik.

Selain hangatnya, efek aroma minyak telon yang khas juga bisa membuat bayi jadi lebih mudah rileks dan tenang. 

 

5. Meredakan Perut Kembung

Perut kembung adalah keadaan di mana tubuh menumpuk banyak angin atau udara di pencernaan. Hal ini bisa membuat perut begah dan tidak nyaman. Perut kembung ini bisa terjadi pada anak dan bayi Anda.

Jika sudah begitu, anak bisa jadi rewel dan bisa tidak nyaman. Untuk itu, Anda bisa menggunakan minyak telon untuk meredakan gejala perut kembung tersebut. Usapkan pada perut dan pijat dengan lembut bagian tersebut agar angin bisa hilang. Secara lengkap Anda dapat mengetahui Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Anak Saat Perjalanan Jauh.

 

6. Memberi Aroma Relaksasi

Manfaat selanjutnya dari minyak telon ini adalah untuk memberi efek relaksasi pada tubuh dan indra penciuman anak Anda. Aroma minyak telon yang khas akan membantu agar bayi jadi lebih tenang dan rileks sehingga tidak mudah rewel atau menangis.

Selain itu, aroma wangi dan khas dari minyak telon juga berfungsi untuk mencegah adanya gigitan nyamuk pada kulit serta melembutkannya. Jadi, kulit bayi Anda akan bisa lebih halus dan lembut tanpa merah-merah karena alergi. 

 

7. Praktis Untuk Perjalanan

Manfaat selanjutnya, yaitu dapat digunakan dengan praktis saat perjalanan. Minyak telon dapat digunakan dengan cepat dan tidak akan membutuhkan banyak waktu. Jadi, sangat cocok untuk dibawa bepergian.

 

 

Seperti halnya dengan Safe Care 3 Point Oil Telon Aromatherapy yang memiliki kemasan kecil nan praktis dan dapat membantu menghangatkan tanpa repot. Apalagi kandungan minyak telon ini sudah teruji dan sangat bermanfaat untuk bayi. Jadi, Anda tidak perlu merasa khawatir lagi saat menggunakannya. 

Cukup oleskan Safe Care 3 Point Oil Telon Aromatherapy pada bagian tubuh bayi atau anak Anda seperlunya. Safe Care 3 Point Oil Telon Aromatherapy akan langsung membantu meredakan perut kembung, memberikan rasa hangat, melembutkan kulit bayi, dan menghindari gigitan nyamuk.

Demikian merupakan manfaat minyak telon untuk bayi dan anak Anda. Jika Anda memiliki buah hati yang ingin dijaga kesehatan dan kondisi tubuhnya, maka menggunakan minyak telon akan menjadi pilihan yang tepat. Apalagi Anda menggunakan Safe Care 3 Point Oil Telon Aromatherapy yang sudah terbukti manfaatnya.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar