Berikut Dampak Penggunaan Lotion Anti Nyamuk Secara Jangka Panjang

Minggu, 23 Juni 2019 | Safecare Admin



Dampak-Penggunaan-Lotion-Anti-Nyamuk-Secara-Jangka-Panjang

Penggunaan Lotion anti-nyamuk sudah biasa digunakan sebagai solusi praktis untuk mencegah gigitan nyamuk. Meskipun begitu, penggunaan lotion anti nyamuk juga memiliki dampak tersendiri pada kulit nantinya.

Penggunaan jangka panjang dari krim anti nyamuk ini memiliki dampak bagi kesehatan tubuh, terutama bagian kulit. Hal ini dikarenakan senyawa serta bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam lotion anti nyamuk tersebut. 

Menurut keterangan data dari dr. Nadia Nurotul Fuadah dari forum alodoc.com beberapa bahan lotion yang aman digunakan dari beberapa bahan ahan aktif DEET (diethyltoluamide), minyak essensial dan piricardin.

Namun untuk penggunaan lotion anti-nyamuk untuk bayi atau anak-anak sangat membahayakan sebab dapat menimbulkan beberapa efek samping. Pada orang dewasa juga dinilai membahayakan jika digunakan secara berlebihan pada kulit tubuh dan tidak sesuai anjuran pada area tubuh tertentu.

Apa saja efek jangka panjangnya? Berikut penjelasan secara lengkapnya:

 

1. Memicu Ruam dan Iritasi Kulit

Untuk Anda yang memiliki riwayat kulit iritasi, penggunaan lotion nyamuk harus disesuaikan dengan beberapa hal termasuk bahan kandungan atau komposisi lotion nyamuk.

Safeian, perlu diketahui bahwa lotion anti nyamuk tidak disarankan untuk penggunaan jangka panjang. Hal ini dikarenakan bahan aktif DEET (diethyltoluamide) dalam krim anti nyamuk bisa memicu ruam kemerahan serta iritasi di permukaan kulit tubuh. 

Terlebih kalau Anda menggunakannya sebelum tidur dan membiarkan lotion tersebut menempel semalaman pada kulit tubuh. Jika tidak berhati-hati, ruam dan iritasi yang parah menimbulkan kanker kulit.

Pastikan menggunakan lotion anti-nyamuk dengan dosis yang dianjurkan dan tidak berlebihan.

 

2. Menyebabkan Sakit Kepala

Umumnya lotion anti nyamuk dilengkapi dengan aroma-aroma tertentu yang ditujukan agar nyamuk tidak suka. Sayangnya, aroma tersebut justru akan membuat Anda sebagai pengguna merasa sakit kepala. Jadi, mulai sekarang kamu bisa beralih pada produk anti gigitan nyamuk yang lebih aman agar tidak menimbulkan dampak serius bagi kesehatan tubuh.

Tidak semua memiliki alergi aroma lotion, beberapa orang bisa menggunakan lotion anti-nyamuk dengan cara oles secara tipis namun merata. Atau Anda bisa mencari beberapa alternatif lotion anti-nyamuk yang memiliki wangi segar yang alami.

 

3. Adanya Risiko Gangguan Pernapasan

Siapa bilang lotion anti nyamuk lebih aman dibandingkan dengan obat nyamuk bakar? Faktanya, kedua produk ini sama-sama memiliki risiko yang besar terhadap gangguan pernapasan manusia. Meski tidak mengandung polutan dan asap, lotion anti nyamuk terkadang mengandung senyawa propoxur yang memicu rasa mabuk dan sesak nafas jika dihirup. 

Inilah yang mampu mencegah nyamuk menggigit kamu setelah mengaplikasikan krim anti nyamuk. Dengan penggunaan lotion anti-nyamuk secara standar atau sesuai anjuran akan meminimalisir adanya bau yang mengganggu.

 

4. Mempengaruhi Denyut Jantung

Pada beberapa kasus, terutama orang dengan riwayat jantung lemah, maka aroma wangi lotion nyamuk bisa membuat jantung memompa darah lebih cepat. Artinya, denyut jantung cepat ini juga berpengaruh pada tekanan darah di tubuhmu. Apabila memiliki kecenderungan tekanan darah tinggi, bisa-bisa hanya karena pemakaian lotion anti nyamuk kamu justru mendapatkan masalah serius.

 

5. Mengakibatkan Sulit Tidur

Lotion anti nyamuk memang mampu mencegah gigitan nyamuk. Tetapi penggunaan secara berlebihan justru akan membuat kamu mengalami sulit tidur atau insomnia. 

Oleh karena itu, jika terpaksa harus menggunakan krim anti nyamuk sebaiknya hanya gunakan pada area tubuh yang terbuka saja selama tidur, seperti telapak tangan dan telapak kaki. Anda juga tidak disarankan menggunakan lotion anti nyamuk dengan kadar DEET melebihi 30%.

Melihat dampak-dampak negatif yang ditimbulkan akibat penggunaan lotion nyamuk secara berlebih dan jangka panjang, sebaiknya kamu lebih bijaksana dalam memilih produk perlindungan. Jangan gunakan krim anti nyamuk jika memang tidak benar-benar dibutuhkan. 

Berdasarkan data dari alodoc.com penggunan krim anti nyamuk juga hanya boleh digunakan selama 4 – 6 jam saja. Untuk itu, pastikan Anda segera membilas tubuh yang diolesi lotion anti nyamuk agar terhindar dari beberapa efek samping yang sudah disebutkan tadi.

 

 

Cara paling aman dan nyaman dalam mencegah gigitan nyamuk bisa Anda rasakan dari produk Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus. Terbuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk kesehatan tubuh, penggunaan produk ini efektif melindungi kamu dari gigitan nyamuk selama kurang lebih 4 jam. 

Dapatkan dan beli produk di Tokopedia dan Shopee Mall kami, Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus Roll On dalam berbagai macam jenis ukuran seperti:

  1. Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus Ukuran 5 ml
  2. Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus Ukuran 10 ml
  3. Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus Ukuran 50 ml

 

Pastikan gunakan sesuai kebutuhan ya. Penggunaan Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus pada area atau bagian tubuh tertentu yang diperlukan. Selain dapat mencegah, untuk yang sudah terkena gigitan nyamuk bisa juga menggunakan Safe Care Eu Ca Kayu Putih Plus untuk mengurangi rasa gatal.

Tulis Komentar

Login dahulu untuk membuat komentar

Komentar

Belum ada komentar